Sunday, June 30, 2013

Menulis Artikel dan Mempublish-nya dengan Opera Mini

Belakangan, saya sedikit bosan blogging (menulis artikel dan mempublish-nya) dengan PC/laptop. Bukan apa-apa, selain lama untuk loadingnya, menulis artikel dan mempublish dengan PC/laptop tidak bisa dilakukan dimana saja (mobile). Jadilah, kegiatan blogging hanyalah aktivitas diam di tempat yang monoton. Padahal, saya kadang suka jalan-jalan dan kadang pula ingin menceritakan pengalaman jalan-jalan itu langsung di blog.


Sebagai pengguna BlackBerry, tidak banyak pilihan yang bisa saya lakukan untuk blogging secara mobile. Karena, tidak ada aplikasi BlackBerry ketiga atau browser yang cocok untuk aktivitas blogging (Mozilla, Google Chrome, dan Safari). Sehingga, pilihan untuk blogging melalui BB menjadi terbatas (melalui send2email, dan melalui browser yang tidak disupport secara resmi oleh blogger, yaitu UC Browser dan Opera Mini). Jadilah, saya terbata-bata ngeblog lewat BlackBerry.

Setelah browsing sana-sini, saya menemukan sebuah tutorial blogger yang mengatakan bisa ngeblog melalui Opera Mini. Bukan dengan send2email? Bukan. Bisa dikatakan caranya cukup sederhana, yaitu dengan blog-this.g.

Pertama, buka akun blogger kalian. Setelah masuk, langsung ketik di kolom url Opera Mini kalian: http://blogger.com/blog-this.g. Tinggal pilih blog yang mau diisi. Sudah begitu saja. Kalian tinggal menulis artikel sesuai keinginan kalian, lalu publish. Semudah membalikkan telapak tangan. Mudah. Selamat mencoba ya ^^

Nb. Artikel ini ditulis dan dipublish lewat BlackBerry Curve 9300.

No comments:

Post a Comment